Fotografi

Aki dari dulu pegang kamera.
Kakak pegang kamera.
Kak Iqbal yunizar dan kak Iqbal Taftazani juga pegang kamera.
kak Chyko juga pegang kamera.
Dan sekarang, saya tertular mereka untuk ingin memegang kamera juga.
Ya, saya mulai tertarik dengan fotografi.
Well sebenarnya dari dulu saya juga suka terhadap fotografi. Kata bunda, saya juga anak visual seperti kakak.
Tapi dulu masih hanya suka menikmati saja, sekarang sudah mulai mau mencoba.

Sebenarnya saya mulai mau melanjutkan ilmu fotografi ini dimulai dari sebuah perlombaan yang diadakan khusus untuk anak-anak karyawan yang bekerja di kantor ayah saya.
mulai dari beberapa tahun lalu memang sudah dimulai tiap tahunnya mereka mengadakan photocontest.
pemenangnya akan diberikan sejumlah uang, dll. oh ya dan juga hasil karya yang dipilih akan dicetak menjadi buku tulis yang tiap tahunnya dicetak khusus untuk anak-anak karyawan perusahaan tersebut.

Jujur, awalnya saya malas-malasan saja ikut photocontest ini, niatnya cumahanya mau menyenangkan ayah saja. dan saya pun ikut.
saya memakai dslr lama milik kakak saya dulu sebelum ia berpindah ke nikon D300, dulu kakak pakai yang D70.
sedangkan adik saya yang sama malas-malasan ikutannya juga hanya memakai kamera pocket canon milik saya.

Konsep lombanya begini :

tema foto adalah "Kebudayaan"

Pada hari H, para peserta datang ke taman mini.
lalu ada 7 anjungan yang sudah dipilih panitia akan dikunjungi selama 15 menit dan peserta harus dengan cepat mengambil gambar di tiap anjungan tersebut.
Setelah selesai, foto dikirim lewat e-mail maupun yang sudah dicetak ke alamat blablaa.
10 foto maximal yang harus dikirim.
nanti akan ada pemenang anjungan (satu anjungan yang dipilih untuk jadi pemenang) dan juara umum (yang dipilih semua anjungannya).
dan akan dicek exif datanya supaya gak ada foto yang diambilnya bukan pada hari H tersebut.
dengan judul akan menambah nilai.

bbbbzzzztt.

malam sebelum perlombaan, saya skype-an sama kakak yang sedang belajar di syria tentang kamera. kakak saya, senior saya.
foto kakak tidak tertandingi, dimata saya. dia hebat sekali, sungguh.
kakak menjelaskan system dasar kamera dan juga tips-tips lainnya.

okey.
hari H.
dan lomba pun, dimulai.
anjungan pertama yang kami kunjungi adalah sumatra barat.
lalu ada aceh, bali, papua, jawa timur, sulawesi selatan, dan kalimantan timur (udah lupa urutannya).
phew, saya baru pertama kali nih pegang kamera selama ini.
pegal juga ya ternyata kakak saya kalau sedang hunting (puanas lagi).
-DAN LOMBA PUN BERAKHIR-
Setelah lomba berakhir, semuanya pulang (ya iyalah magh).

sampai rumah, saya pilah pilih fotonya lalu istirahat.
keesokan harinya barulah saya mulai touch up (ini diperbolehkan asal tidak rombak habis), resize dan kirim.

. . .

pada hari pengumuman di kantor ayah, saya sedang tidak bisa datang.
walhasil ayah yang datang ke lantai atas yang ternyata juga ada acara-acaranya.
saya menunggu hasil dirumah dengan cuek.
"saya kan memang masih amatiran, wajarlah kalau pas pertama kali dilihat juri langsung geser. lagipula peserta lain sudah pada mahasiswa dan sma juga kameranya canggeh, trobos ajee" gumam saya dalam hati.
oya hari itu saya sedang belajar, sebentar lagi ujian paket B.

pada siang hari menjelang sore (kalau tidak salah), ayah menelfon, kata ayah "selamat ya dek!" saya bingung, fikiran saya melambung ke 'kagak mungkin dah menang' jadi saya hanya menjawab "hoe?" dsb.
Lalu ayah saya menginformasikan bahwa ayah dipanggil maju kedepan karena anjungan sumatra barat saya menang.
tidak lama kemudian ayah bilang juga di bbm, bahwa anjungan aceh adik saya juga menang.
dan tidak beberapa lama lagi, ayah saya mengabarkan bahwa.. saya juara umum.

----------------------teriakan-teriakan dikamar------------------
entah dimana letak istimewanya, tapi saya benar-benar bahagia (thank you so so much dad, thank you so much, Alhamdulillah).
sujud syukur, sang amatir ternyata juara.
WUH, GOSH! i can't wait to tell my bro about this.

Alhamdulillah.. Alhamdulillah.. Alhamdulillah..
Tiap pemenang juga dapat tripod keren dan saya dapat buku fotografi (thanks untuk photocontest 2010 ini).
Terimakasih kamera pinjaman, untuk kerjasamanya.
terimakasih bunda, yang sudah ikut bantu memilih foto dan judulnya.










* * *

Sekarang saya berkencan dengan nikon D3000. Terimakasih ayah..
ini beberapa foto hasil bf saya :p








yaaa tentu saja dengan sangat masih wajib latihan terus-menerus. do'akan saya :D

Alhamdulillah..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 komentar:

taftazani mengatakan...

Terkadang sebuah gambar bisa bercerita lebih banyak daripada sebuah perkataan :)

b^^d two thumbs up buat Maghfi... :)

Ternyata kontes foto itu toh yang hadiahnya Tripod keren.

maghfira mengatakan...

thank you kak iqbal :D
perlu belajar lagi nih aku dari kak iqbal, hehehe

Dian Eka mengatakan...

Subhanallah.. jiwa seni adek bikin speechless! U'r so young to do those things.. adore to you!

taftazani mengatakan...

maghfi, kita belajar bersama :D
ka iq juga masih belajar juga koq ^^v

maghfira mengatakan...

oh my gosh kak Dian, thank you much much >w<

Ayoooo kita terus belajaaar! yahoow! fighting ! :D

Posting Komentar